Kaprikornus gue gres menerima ancaman, gengs. Gue diancam akan di-blacklist jikalau dalam 24 jam nggak transfer ke online shop di mana gue beli pin Sailormoon seharga Rp 12ribu. Barang yang kurang penting memang ya. Gue bayar sih in the end alasannya yakni pengen hahaha.
Bukan problem harga atau kepentingan barangnya (karena kapan gue beli barang yang penting selain belanja bulanan lol), tapi bahaya yang kini sering dilontarkan oleh para sis-sis online shop dikala chatting jikalau kita tanya-tanya barang. Hit & run = Blacklist! Waduh! Gimana nasib kehidupan konsumtif gue jikalau gue di-blacklist oleh ol shop!
Padahal masuk akal nggak sih customer nanya-nanya dulu sebelum beli? Wajar banget lah. Apalagi jikalau fotonya udah diedit dan dikasih filter. Atau pake foto official brand. Minta foto orisinil dulu boleh dong?
NGGAK BOLEH TAUUU. Kalau udah nanya-nanya terus nggak jadi beli maka black list! Di-block! Nggak boleh beli lagi selamanya.
HHHHHH.
Gini deh bayangkan, kini kita tiba ke mall terus nanya-nanya sama mbaknya. Ini kulit apa mbak? Awet nggak ya? Garansi nggak? Wah nggak ya? Oke deh makasih ya mbak. Kemudian kita pergi alasannya yakni memang belum pengen-pengen amat beli dan mau survey dulu ke yang lain.
Minggu depannya kita mau dateng lagi ke toko itu tiba-tiba di stop sama mbaknya "MAAF ANDA DI-BLACKLIST KARENA KEMARIN TIDAK JADI BELI."
Dih, sehat mbak?
"Wah nggak sanggup disamain gitu dong, tenant di mall kan memang punya karyawan nggak ribet kaya ngurus online shop sendirian. Apalagi gue ibu-ibu, ribet harus bales WhatsApp dulu atau nyuapin anak dulu."
Iya santai sis, santaaaiiii.
Karena ancaman-ancaman demikian, gue jadi suka mikir ratusan kali dulu sebelum menghubungi si seller. Beneran cantik nggak ya barangnya? Mau beli nggak ya? Untuk mengurangi interaksi sama si seller. Karena sekalinya interaksi, takut muncul bahaya huhu. Ini terutama ol shop Instagram yang jual handmade item gitu.
Kalau makeup sih gue lebih suka belanja di Shopee atau website beneran gitu alasannya yakni gue nggak perlu berinteraksi eksklusif sama seller via Line atau WhatsApp. Tapi itu alasannya yakni barangnya ada di mana-mana kan, pilihan storenya banyak. Kalau handmade item gitu kan sulit ya.
Ah situ banyak kritik, emang pernah jualan online?
EHM. Inti dari nulis ini sebenernya ingin dongeng juga HAHAHAHAHA. Karena gue yakni sis-sis ol shop juga pada zamannya.
Nggak banyak yang tau jikalau dulu, duluuuu sebelum online shop menjamur kaya sekarang, gue punya online shop. Tahun 2008-an gitu. Jualannya di fanpage Facebook Happybee! (yes makanya likesnya 5ribuan, jumlah yang banyak banget mengingat dicarinya tahun 2008 mah). Jualnya aksesoris kaya statement necklace warna-warni gitu. Handmade!
Gue hingga pernah menang kontes desain statement necklace di majalah Gogirl! loh! Desain yang menang itu kalung Elvis Presley, ceritanya bikin kalung dari kaos bekas. Kaosnya kebetulan ada print Elvis Presley. Hadiahnya voucher Forever21 500ribu, bela-belain dari Bandung ke Jakarta cuma buat belanjain vocer hahahaha.
(Baca: Keputusan yang Mengubah Hidup)
I always love crafty things! Makanya idealis amat soal gunting doang, yang mana yang buat kertas yang mana yang buat kain 😂 Gue desain sendiri, bikin sendiri, bahkan beberapa model yang butuh sablon gue SABLON SENDIRI *proud*, photoshoot sendiri.
Gue jualan dan jualan hingga kebeli pake uang sendiri Blackberry Javelin yang waktu itu harganya 3,8juta. Mahal banget mana anak kuliahan kan. Blackberry aja gres keluar 3 seri, Curve, Bold, dan Javelin. Semuanya masih pake track ball, boro-boro touch screen. 😂
Dan iya, online shop one man show itu memang capek banget!
Nggak sekali dua kali gue begadang semaleman ngerjain pesenan. Nggak sekali dua kali gue nonton bioskop sambil balesin sms orang yang tanya-tanya. IYA SMS! Lah satu angkatan di kampus 120 orang yang punya Blackberry aja gres 4 orang, mana sanggup gue BBM-an sama pembeli. Hahaha.
SMS nya udah pake format sih, tapi jikalau ada orang mau sms nanya-nanya dulu juga gue bales kok. Pulsa habis? Masuk biaya produksi dong. Beberapa ada yang chat via Yahoo! Messenger tapi dulu orang Y!M juga di rumah kan. Lah hpnya nggak sanggup dipake online.
Dan dulu orang-orang yang jual dan beli online itu sedikit sekali. Orangnya itu lagi itu lagi. Sampai temenan, mereka bahkan banyak yang add gue di Facebook. Ngobrol di Y!M. HUHUHU Masa-masa itu. 😍
Tapi memang pada zaman itu, orang-orang yang belanja di online shop memang orang yang sangat melek teknologi sih. Ya bayangin, hp aja masih Esia orang udah berani belanja online? Sekarang aja masih banyak yang takut kan?
Di sisi lain, kini teknologinya juga udah canggih duh. Punya online shop meluangkan waktu untuk ramah melayani pembeli yang mau tanya-tanya nggak ada salahnya loohhh. Ngetiknya udah pake qwerty loohhh. Apalagi modalnya udah bukan lagi pulsa tapi kuota, 179ribu di XL dapet 40 GB sebulan, buat chatting doang mah puas. (BUKAN IKLAN INI PROMO KANTOR SUAMI LOL).
Intinya tinggal mau apa nggak melayaninya?
Kalau mau tapi sibuk (apalagi ibu-ibu) kan biasanya suka pada eksklusif ditulis di bio Instagram "slow respon, punya balita". Itu gue respek banget asli. Artinya beliau mau merespon tapi harap sabar ya, yang beli jangan rusuh. Kalau mau ngerusuhin, jangan beli di situ.
Ya gitulah. Sekian curhat dan dongeng masa kemudian hari ini. Semoga sis-sis online shop nowadays sanggup tetap eksis tanpa bahaya ya!
Selamat hari Jumat biar nggak kena macet!
-ast-
PS: Online shop itu balasannya berhenti alasannya yakni saya kerja. Kalau diterusin saya udah jadi pengusaha kali ya lol :)
0 komentar:
Posting Komentar