Perumahan kayana 2 bekasi | kayana 2 residence | perumahan kayana 2

Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murah ini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Jumat, 17 Juni 2016


Huahahahahahah Iya serius. Udah pada cair kan THR nya? Saya sama JG sih udah kemarin banget. Dan yes pribadi hampir habis alasannya yaitu THR itu memang untuk dihabiskan.

Tapi dihabiskan ke mana dulu. Jangan gres baca satu paragraf suruh dihabiskan pribadi beli tiket pesawat buat liburan hahahaha.

Oke jadi THR itu biasanya satu kali honor ya kan. Satu kali honor full (kalau JG) dan satu kali honor pokok (saya). Seneng dong alasannya yaitu dalam satu bulan gajian dua kali. Tapi inget, THR masuk ke dalam penghasilan tahunan BUKAN BULANAN.

Karena kan dapetnya setahun sekali. Setahun dua kali sih jika di kantor saya alasannya yaitu natal juga dapet THR #win. Ya intinya, THR yaitu penghasilan tahunan yang dipakai untuk membayar pengeluaran tahunan.

Apa saja pengeluaran tahunan ini? Saya biasanya memakai THR untuk membayar hal-hal tahunan. Ini tips untuk mengalokasikan dana THR:

1. Utang (kalau ada)

Iya ini jika ada aja. Begitu terima uang, inget untuk bayar utang dulu. Ya kecuali utang gede kaya rumah atau cicilan kendaraan beroda empat gitu ya.

Pokoknya dalam kondisi dapet uang selain gaji, selalu bayar utang-utang dulu sebelum bayar lainnya! Apalagi utang kartu kredit, lunasi!

2. Zakat

Ya tergantung agamanya sih ya. Tapi jika THR Idulfitri dan muslim, sehabis bayar utang sisihkan dulu untuk bayar zakat.

3. Pajak kendaraan bermotor


Suka kaget ga sih tiba-tiba harus keluar sekian juta untuk bayar pajak mobil? Saya sih suka kaget dan suka berasa duka hahahaha. Maka, bayarlah pajak kendaraan bermotor dari THR.

Kalau bulannya nggak pas sama lebaran? Ya disimpan dulu. Atau pakai dulu dana darurat untuk bayar pajak, kemudian pas dapet THR, pribadi diganti.

4. Kurban


"Nonton konser bisa, kurban ga bisa" --> sindiran umum untuk para fangirl yang sanggup nonton konser 2-3juta tapi buat kurban selalu nggak punya uang.

Kami sekeluarga selalu menyisihkan uang THR juga untuk kurban. Dengan demikian, satu uang hari raya sanggup untuk dua hari raya. :)

Kalau nggak sanggup full, tabung aja dulu setengah atau tiga perempatnya. Dari Idul Fitri ke Idul Adha itu nggak usang loh. Masa ngopi di Starbucks terus tapi nyisihin setahun 2juta ga bisa?

5. Asuransi Tahunan

Harusnya asuransi jiwa yang dibayar tahunan mengambil pos THR. Tapi hingga kini saya belum kesampaian juga mau ambil asji. :|

Asuransi jiwa ini penting untuk pencari nafkah utama keluarga. Kalau hingga pencari nafkah utama meninggal dunia, minimal uang dari asji sanggup untuk bayar sekolah bawah umur dan bayar cicilan hingga lunas. Idealnya menyerupai itu, tapi kenyataannya males amaaattt bikin asji. *jangan ditiru*

6. Mudik


Saya nggak pulang kampung alasannya yaitu mudiknya ke Bandung doang. Yang mudiknya jauh, nabung setahun atau pakai THR?

*nggak ngerti sebenernya mah alasannya yaitu pulang kampung ke Bandung udah sama jajan segala macem nggak bakal abis sejuta*

7. Memberi untuk orangtua dan keluarga

Yes, jika semua kewajiban udah selesai gres deh sisa uangnya untuk dibagi-bagikan pada orangtua dan keluarga.

Untuk memberi uang pada bawah umur kecil, pakai budget dengan sistem tukar uang aja. Misal tuker uang sejuta 10ribuan. Kalau uang itu habis, artinya dihentikan ngasih-ngasih lagi.

7. Masih sisa?

Baru buat belanja deh. Saya bukan tipe yang beli baju lebaran jadi biasanya lebaran pake baju yang ada aja. Bebe juga sama, kayanya nggak akan saya biasain soal baju lebaran.

Kecuali jika udah sekolah ya, biasanya baju lebaran itu peer pressure banget kan buat anak sekolah

8. Masih sisa?

BANYAK BENER THR-NYA, KERJA DI MANA SIH?

T______T

Kalau masih sisa, masukan ke tabungan liburan.

Kami udah usang nggak liburan. Terakhir yang ke Singapur waktu Bebe umur 10 bulan. Sekarang mentok ke Bandung doang. Ke Bandung jajan cilok dan mie kocok aja saya hepi. XD

Karena masih ngejar uang Bebe masuk SD. Masih 5 tahun lagi Bebe masuk SD tapi sepertinya akan kekejar dalam 1-2 tahun alasannya yaitu tiap punya uang lebih/dapet bonus dari kantor pribadi masuk ke dana pendidikan Bebe. Pokoknya dapen Bebe nyampe dulu gres mau liburan!

Meskipun jika uang SD lunas, nextnya yaitu kuliah alasannya yaitu aduh nggak kebayang pas Bebe kuliah uang masuk kuliah udah berapa mahalnya. Mending investasi dari sekarang.

*kencangkan ikat kepala*

(Baca: Tahap-tahap Menyiapkan Dana Pendidikan Anak)

*

Udah sih itu aja. Catatannya, tips ini akan lancar jika penghasilan bulanan untuk pengeluaran bulanan tentunya. Karena jika ga, ya kacau. Bisa-bisa THR jadi buat bayar listrik. Nggak gitu dong ya.

Dan ini tentu saja nggak saklek. Setiap keluarga kan punya prioritas masing-masing. Buat keluarga kami, ini yang paling ideal. Jatah bulanan aman, jatah tahunan teralokasikan dengan baik.

Kok nggak ditabung atau diinvestasikan sih? Menabung tujuannya apa? Investasi tujuannya apa? Menabung dan investasi seharusnya sudah sanggup di-cover penghasilan bulanan alasannya yaitu menabung dan investasinya dibreakdown bulanan untuk mencapai tujuan dalam sekian tahun. Makara THR mah memang khusus untuk bayar hal-hal yang sifatnya tahunan aja.

Selamat menghabiskan THR!

-ast-

Sumber: plan keuangan pribadi hasil konsultasi sama financial planner 3 tahun lalu.

SHOUTOUT: Suka Arisan? Mau jadi ketua Arisan terus sanggup komisi? Baca blog post saya wacana bagaimana cara menjadi ketua arisan yang menerima komisi! Bukan MLM kok damai aja, arisan ini maahhh. LOL

 Jangan lupa ikuti series #FamilyTalk di sini ya!

0 komentar:

Posting Komentar